Perbedaan Sinyal Analog dan Digital

Sinyal analog dan sinyal digital merupakan bagian dalam komunikasi data. Dan komunikasi data merupakan bagian dari jaringan komputer. Sebelum menjelaskan tentang perbedaan sinyal analog dan sinyal digital, pada kesempatan ini penulis akan membahas terlebih dahulu mengenai komunikasi data.

Komunikasi Data
Komunikasi data merupakan proses pemindahan data/ informasi atau proses pemindahan dari sebuah komputer ke komputer lainnya dalam sebuah jaringan, baik dalam skala kecil maupun global

Tujuan Komunikasi Data
Komunikasi data bertujuan untuk mempercepat dan efisiensi dalam proses pengiriman atau penerimaan data, pengolahan data jarak jauh, mempercepat proses penyebaran informasi, dan pengunaan hardware jarak jauh

Sinyal Analog
Sinyal adalah suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Biasanya sinyal ini berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dll. Dalam kereta api, misalnya, sinyal berarti suatu tanda untuk melanjutkan atau meneruskan perjalanan ke tempat/stasiun berikutnya, dan biasanya sinyal ini dikirimkan oleh stasiun yang terkait.

Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi.

Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase. Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.
Berikut ini gambar dari sinyal analog.





Sinyal Digital
Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.
Berikut ini gambar dari sinyal digital.



Demikian informasi mengenai perbedaan antara sinyal analog dan sinyal digital. Pada prinsipnya perbedaan antara sinyal analog dan sinyal digital adalah bahwa sinyal analog berbentuk gelombang kontinu, sedangkan sinyal digital berbentuk pulsa 0 dan 1.


Sumber : http://ebookservicekomputer.blogspot.com/2014/02/perbedaan-sinyal-analog-dan-sinyal.html

0 Response to "Perbedaan Sinyal Analog dan Digital"

Posting Komentar